Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Pengunaan RAM Di Android

Smartphone berbasis OS Android terkenal dengan pemakaian RAM yang boros. Perlu diketahui bahwa hampir semua perangkat Android mempunyai kelemahan pada konsumsi RAM yang mudah terserap habis.
Cara Menghemat Pengunaan RAM Di Android
Jadi, tidak akan mengenal jenis dari smartphone tersebut mulai dari yang low entry, middle end hingga yang high end. Lantas, anda tak usah khawatir akan hal itu.

Adapun yang menyebabkan kapasitas RAM semakin cepat termakan daya, lantaran penggunaan aplikasi yang diinstal terlalu berlebihan dan multitasking yang kerap dijalankan.

Tentunya akan berdampak buruk pada  sistem kinerja ponsel itu sendiri, dimana aplikasi akan banyak menghabiskan source RAM. Kemungkinan besar ponsel akan cepat lag dan solusi terbaik ialah dengan menghemat RAM seperti berikut ini :

Berikut ini Cara Menghemat Pengunaan RAM Di Android

1. Mematikan animasi  dan transisi Aktif

Semua perangkat Android tentu mempunyai fitur berupa animasi atau transisi yang merupakan bawaan bawaan dari awalnya.

Dimana fitur tersebut bermanfaat untuk mempercantik tampilan antarmuka. Sayangnya dengan adanya kedua fitur ini mampu berpengaruh pada borosnya kapasitas RAM. Karena itulah, anda perlu mematikan animasi dan transisi yang terlihat aktif di Android.

Cara yang dilakukan adalah dengan masuk ke menu Setting > Developer, di situlah ada tiga pilihan berupa Window Animation Scale, Animator Duration Scale dan Transition Animation Scale. Matikan ketiga pilihan tersebut. 

2. Memeriksa aplikasi berjalan di background

Seperti yang kita ketahui bahwa ponsel basis Android dapat meningkatkan potensi RAM yang lebih banyak saat memakainya. 

Tentu hal ini tak terlepas dari penggunaan aplikasi yang sedang berjalan pada bagian background. Akhirya RAM yang terpasang pada perangkat Android menurun kapasitasnya.

Solusi terbaik hanyalah memeriksa aplikasi berjalan di latar belakang dengan masuk ke menu Setting > Battery & Storage > Memory. Jika masih berjalan, matikan dan pilih Stop sehingga anda dapat hemat RAM. 

3. Hentikan penggunaan live wallpapers dan widgets

Meskipun Live Wallpapers dan ragam jenis Widgets berguna untuk memperindah tampilan smartphone anda.

Namun, tidak baik jika diterapkan secara berlebihan karena berdampak buruk pada RAM di dalam ponsel.

Dengan begitu, anda diharapkan untuk menghentikan penggunaan Live Wallpaper lantaran akan memboroskan RAM. 

Selain itu, juga mampu menyedot daya baterai yang semakin banyak. Sebaiknya terapkan Wallpaper standart saja dan gunakan Widget yang sederhana. Hal ini bertujuan agar smartphone anda mampu bekerja lebih baik lagi. 

4. Menggunakan disable service

Apabila ketiga cara sebelumnya dianggap kurang maksimal dan belum terlihat hasilnya di mata anda, maka tidak ada salahnya menggunakan cara terakhir ini.

Namun, sebelumnya anda harus mendownload dan menginstall Disable Service di Android. Setelah itu, cobalah membuka Disable Service dan pilih aplikasi yang ingin anda matikan.

Saat muncul SuperUser, maka klik tombol Grant atau Allow. Kemudian tutup Disable Service dan restart smartphone anda agar bisa merefresh kembali. 

5. Uninstall aplikasi yang tidak penting

Apabila jarang dipakai bahkan tidak diperlukan, sebaiknya uninstall aplikasi-aplikasi aktif yang mempunyai fungsi sama yang cuma akan memboroskan kapasitas penyimpanan dan menyita perhatian RAM ponsel.

Misalkan ada 2 macam music player atau sejumlah messenger. Ada jenis aplikasi yang dapat digunakan di perangkat lain seperti laptop dll. 

Tentunya bergantung pada tingkat spesifikasi gadget, namun jika terbatas jangan ragu memilih prioritas.

Setelah anda mengetahui beberapa cara menghemat penggunaan RAM untuk Android, kini tidak akan lagi masalah yang mengenai perangkat keras RAM tersebut. Sekian dan terima kasih. 

Post a Comment for "Cara Menghemat Pengunaan RAM Di Android"