Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Ponsel Anda Semakin Lambat

 
Ponsel Lambat
Mengapa Ponsel Anda Semakin Lambat - Teori relativitas Einstein tidak menjelaskan bagaimana ponsel yang sama bisa tampak sangat cepat ketika Anda melepaskannya dan jauh lebih lambat satu atau dua tahun kemudian.

Bukan otak Anda yang mencoba meyakinkan Anda bahwa inilah saatnya untuk memperbarui ponsel Anda - setidaknya tidak 100%, tetapi ada beberapa alasan mengapa ini terjadi.

Ada beberapa faktor yang memperlambat penggunaan ponsel, proses yang terjadi sedikit demi sedikit telah menginspirasi banyak ide konspirasi dalam hal ini. Mengapa ponsel melambat seiring waktu?

Ruang penyimpanan ponsel penuh

Ponsel yang baru, data sistem masih  kosong, di luar sistem dan aplikasi yang diinstal. Untungnya, semakin jarang ponsel menyertakan banyak bloatware yang diinstal, jadi wajar jika ada banyak ruang penyimpanan yang tersedia.

Ponsel harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak, sistem harus menggunakan sumber daya untuk mencoba menemukan ruang atau tidak dapat menggunakan cache secara efisien. Cache memakan ruang, ya, tetapi juga mempercepat aplikasi dan sistem.

Ponsel membutuhkan ruang kosong yang cukup untuk berfungsi dengan kapasitas penuh dan, semakin sering kita menggunakannya, semakin kita mengisinya dengan banyak hal.

Bahkan jika kita mengembalikan semua data dari ponsel lama ke yang baru, ponsel baru akan tampak lebih cepat meskipun memiliki banyak data di dalamnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, bahwa meskipun semua aplikasi telah diinstal ulang, mereka tidak akan beroperasi sepenuhnya sampai Anda membuka dan mengonfigurasinya.

Tidaklah sama untuk menginstal aplikasi Facebook tanpa lebih dari dengan akun yang dimulai dan aktif.

Saat ponsel terisi dengan data, sistem dan aplikasi harus memproses data ekstra. Jauh lebih cepat bagi aplikasi galeri untuk menampilkan empat foto dan dua album daripada 20.000 foto yang tersebar di 200 album.

Dan hal yang biasa adalah memiliki lebih banyak foto dan video saat Anda menggunakan ponsel Anda.

Kabar baiknya adalah bahwa faktor yang mempengaruhi pelambatan ponsel ini sangat mudah untuk diperbaiki: cukup dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik, yang menghapus semua yang diinstal. Dalam kebanyakan kasus, sistem akan melihat jauh lebih cepat.

Aplikasi dan game memakan banyak ruang penyimpanan 

Terkadang masalahnya bukan secara teknis milik Anda atau ponsel Anda, tetapi aplikasi yang Anda gunakan. Hal yang normal adalah bahwa aplikasi menambahkan lebih banyak banyak data sistem.

Aplikasi yang lebih besar dan lebih menuntut, yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan dan sumber daya untuk berfungsi.

Meskipun ponsel Anda tetap tidak tergoyahkan, ekosistem seluler telah berkembang dan dengannya game dan aplikasi yang meminta lebih banyak ruang penyimpanan

Google telah berusaha mengoptimalkan ukuran file APK sebanyak mungkin untuk waktu yang lama, sehingga perbandingan ukuran APK Facebook dari waktu ke waktu tidak lagi relevan.

Hal lain adalah ukuran aplikasi yang sudah terinstal, yang saat ini sekitar 220 Mb untuk versi terbaru dari Facebook. Beberapa tahun yang lalu sekitar 150 Mb.

Hal ini bahkan lebih buruk dalam permainan, karena pengembang mencoba memanfaatkan sepenuhnya kemajuan dalam perangkat keras untuk menghadirkan grafik yang lebih baik, menghasilkan unduhan yang besar dan kinerja yang baik.

Tidak ada lompatan generasi di sini seperti di konsol, tetapi game dan ponsel maju dalam persyaratan mereka dengan cara yang agak kacau.

Salah satu solusinya adalah memasang alternatif ringan untuk aplikasi yang lebih berat, meskipun hal ini tidak selalu memungkinkan.

Terlebih lagi, kadang-kadang bahkan tidak mungkin untuk terus menggunakan aplikasi versi lama, karena pengembang telah menyertakan pemeriksaan tanggal untuk menghindari hal ini, dan memaksa untuk melakukan pembaruan.

Tidak lagi diperbarui

Dengan beberapa pengecualian, adalah normal bagi ponsel Android untuk menerima pembaruan selama beberapa tahun, termasuk pembaruan pada Android dan beberapa pembaruan keamanan, Setelah itu ponsel tetap seperti semula.

Ponsel yang tidak diperbarui tidak memiliki akses ke pengoptimalan kinerja versi terbaru Android
Versi baru Android belum tentu lebih cepat dari versi sebelumnya, meskipun peningkatan biasanya mencakup beberapa pengoptimalan yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja.

Meskipun pembaruan keamanan, kadang-kadang digunakan untuk koreksi kecil, termasuk masalah kinerja, terutama ketika ponsel diluncurkan baru-baru ini.

Setelah periode dukungan, ponsel tetap menanggung risikonya sendiri, tanpa versi Android baru dan juga tanpa patch keamanan. Yang terakhir lebih merupakan risiko keamanan daripada perlambatan.

Untuk alasan ini, salah satu cara untuk menghidupkan kembali ponsel lama adalah dengan menginstal ROM, terutama jika itu adalah "minimalis" yang berfokus pada menawarkan kinerja yang baik.

Ini bukan solusi untuk semua audiens, karena melibatkan beberapa proses dan membutuhkan banyak kesabaran, tetapi kemungkinan itu ada.

Perangkat keras telah menua

Sejauh ini kita lebih banyak berbicara tentang perangkat lunak, tetapi perangkat keras juga menjadi tua, dan ini dapat memengaruhi kinerja.

Setelah berminggu-minggu dan berbulan-bulan penggunaan berat, komponen menjadi aus, sama seperti perangkat lainnya. 

Keausan yang paling jelas adalah pada baterai dan meskipun secara teknis tidak memengaruhi kinerja, hal itu secara tidak langsung akan menyebabkan baterai menjadi lebih panas.

Keausan yang paling jelas adalah pada baterai, yang kapasitasnya menurun seiring penggunaan hingga otonomi yang ditawarkan oleh ponsel beberapa tahun kemudian akan jauh lebih sedikit daripada saat beli baru.

Ini tidak secara langsung mempengaruhi kecepatan ponsel, meskipun itu akan memaksa Anda untuk mengisi daya lebih cepat, yang membuatnya terlalu panas. Semakin panas ponsel, semakin lambat kerjanya.

Yang benar adalah Anda mungkin mengganti ponsel Anda sebelum keausan komponen lain memengaruhi kinerja, setidaknya dengan penggunaan normal. 

Post a Comment for "Mengapa Ponsel Anda Semakin Lambat"