Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Android Terbebas dari Malware

 
Agar Android Terbebas dari Malware

Agar Android Terbebas dari Malware

Saat ini, jumlah malware yang muncul di platform Android makin bertambah. Situasi ini membuat Anda harus lebih peka apa yang terjadi pada smartphone atau tablet Anda.

Karena sama seperti yang terjadi pada komputer, smartphone pada dasarnya juga rentan terhadap serangan virus, phishing, dan gangguan lain dari perangkat lunak berbahaya.

Berikut ini lima tip praktis membantu Anda menjaga ponsel Android atau tablet bebas dari malware.

Selalu melakukan riset terhadap penerbit sebuah aplikasi:

Ada baiknya Anda benar-benar cermat dan memperhatikan apakah yang ditawarkan dari sebuah aplikasi? Apakah penerbit aplikasi memiliki website sendiri? Apakah ada keanehan diantara aplikasi yang ditawarkan? Jika demikian, Anda mungkin seharusnya menjauh.

Sebaiknya Anda baca dulu berbagai review online, tapi ingat bahwa tinjauan Android Market tidak selalu benar.

Utamakan membaca review dari media-media yang sudah punya nama sebelum memutuskan menekan tombol download.

Selalu periksa hak akses aplikasi:

Setiap kali Anda mendownload atau update aplikasi, Anda akan melihat daftar hak akses untuk itu. Sebuah aplikasi jam alarm, misalnya, mungkin tidak perlu melihat kontak Anda.

Tips praktis: Jika sebuah aplikasi meminta lebih dari apa yang dibutuhkan untuk melakukan tugasnya, Anda harus melewati itu.

Hindari langsung menginstal file Paket Android (APKs):

Misalnya untuk menginstall Angry Birds Anda bisa mendapatkannya hanya dengan pergi melalui toko aplikasi pihak ketiga, mengunduh lalu menginstal aplikasi dengan menggunakan file APK.

Meskipun Angry Birds bukan malware, secara umum sangat disarankan untuk tidak mendownload dan menginstal file APK dari situs web pihak ketiga atau toko app.

Anda tak pernah tahu apa isi dari file tersebut apakah berbahaya atau tidak.

Memasang malware dan scanner antivirus pada telepon Anda:

Beberapa perusahaan security dengan nama besar sudah menawarkan opsi keamanan untuk ponsel, bahkan kebanyakan dari mereka gratis.

Aplikasi antivirus seperti Lookout Mobile Security dapat memindai ponsel Anda dan memastikan bahwa tidak ada malware diinstal.

Hati-hati terhadap jebakan:

Percaya atau tidak, smartphone Anda rentan terhadap jebakan phishing, dan situs berbahaya, seperti PC Anda.

Situs berbahaya sering mencoba mengelabui orang untuk memasukkan informasi pribadi tentang diri mereka sendiri, bahkan yang lebih menyebalkan adanya beberapa situs yang mampu secara otomatis mendownload malware ke telepon Anda.

Karena layar ponsel yang lebih kecil, pengguna tiga kali lebih mungkin untuk mengklik link yang mencurigakan di telepon daripada ketika mereka menggunakan PC.

Post a Comment for "Agar Android Terbebas dari Malware"